Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com

Senin, 29 Oktober 2012

Meningkatkan Kecepatan Honda Supra X 125


Meningkatkan Kecepatan Honda Supra X 125Meningkatkan Kecepatan Honda Supra X 125, untuk membuat laju Honda Supra X 125 non-injeksi agar lebih kencang dengan minim korekan bisa dilakukan dengan beberapa cara. Namun sebelum kita korek lebih dalam sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengapa Honda Supra X 125 performanya kurang sempurna. Kekurangan paling menonjol Honda Supra X 125 adalah mesin ngedrop begitu oper dari gigi 3 ke gigi 4. Sedang kekurangan yang kedua adalah jika pada kondisi panas atau siang larinya lebih berat dan kalau dingin atau malam menjadi lebih enteng larinya.

Nah sekarang untuk penyelesaian untuk meningkatkan kecepatan honda supra x 125.

Masalah pertama yaitu mengenai mesin ngedrop begitu oper dari gigi 3 ke gigi 4. Dari sini kita mesti curiga kalau gejala ini berkaitan dengan gearbox. Coba tes motor standar, pasti bakal ketahuan apa permasalahan sebenarnya. Begitu gearbox dibongkar, tercatat spek rasio gigi 1 : 35/14, gigi 2 : 31/20, gigi 3 : 23/20, dan gigi 4 : 24/26. Nah..bener kan, pantes aja gigi 2 bisa tembus di angka kecepatan 75 km/jam sedang kalo dari gigi 3 ke gigi 4 selalu ngedrop. Cara penyelesaian paling umum untuk masalah ini adalah dengan ganti rasio gigi atau meningkatkan perbandingan kompresi. Sedang untuk peruntukan harian, pilihan paling rasional adalah dengan meningkatkan rasio kompresi.

meningkatkan kecepatan honda supra x 125


Untuk meningkatkan rasio kompresi bisa dilakukan dengan beberapa cara diantaranya :
Piston Meningkatkan Kecepatan Honda Supra X 125


1. Mengganti Piston

Kasus untuk honda supra x 125, muka pistonnya cekung, yang artinya pilihan piston yang bisa diaplikasikan untuk meningkatkan kompresi adalah dengan piston dengan muka rata atau flat. Apabila memasang piston cembung tentu perbandingan kompresi terlalu tinggi. Sebagai pilihan cukup pasang piston Izumi atau DG atau Daytona untuk honda supra x 125.

2. Memangkas blog silinder

Kalau ini murah meriah bro dan piston standar tetap bisa digunakan, blok silinder standar dipangkas sebanyak 1mm. Ini secara otomatis menaikkan muka piston sebanyak 1mm. Namun agar kompresi tak terlalu naik, maka muka piston juga harus dibabat sebanyak 1mm. Hasilnya muka piston honda supra x 125 menjadi rata atau flat. Perlu diperhatikan juga bahwa tinggi tepi blok silinder terhadap muka piston diset 0,2 – 0,3mm. Pada kasus tertentu ternyata jarak antara muka piston dan tepi blok pernah ditemui 0,6mm, yang mana menjadikan efek pembakaran terlalu luas yang berimbas kemampuan mesin pada putaran menengah ke tinggi menjadi anjlok. Langkah pemapasan ini saja dengan kem dan CDI standar bisa membuat top speed motor 125 – 130 km/jam dengan catatan kondisi motor normal/tidak dimodifikasi yang memungkinkan terjadinya hambatan laju.

Permasalahan yang kedua yaitu mengenai perbedaan kecepatan honda supra x 125 saat siang/panas dan malam/dingin. Cara penyelasaiannya cukup mudah yaitu dengan seting ulang karbu yaitu diset dengan setelan angin ditaruh di 1,25 putaran, kemudian ganti spuyer main jet dari standarnya 75 menjadi 80, dan knalpot standar dibobok dengan hitungan volume yang tepat.

Sebenarnya dengan cara diatas aja sudah cukup untuk Meningkatkan Kecepatan Honda Supra X 125. Namun kalau mau yang lebih oke untuk meningkatkan performanya agar lebih maksimal lagi bisa dilakukan dengan mengganti beberapa part lainnya yaitu:

1. Mengganti per kopling

per kopling Meningkatkan Kecepatan Honda Supra X 125

Per kopling standar Honda Supra X 125 telalu lembut jadi perlu diganti dengan per kopling yang lebih keras yaitu per kopling buat balap alias racing kayak TDR, HRP, BRT, Daytona, Kitaco dll. Kalo mau yang murah ya tambahin ring di baut pengunci kampas kopling cukup satu atau dua aja.

2. Mengganti kampas kopling

kampas kopling Meningkatkan Kecepatan Honda Supra X 125


Dengan mengubah kampas kopling Honda Supra X 125 maka daya cengkram kampas kopling jadi makin yahud, jadi gak selip pada saat motor berjalan. Untuk kampas kopling bisa diganti dengan kampas2 kopling buat balap yang merek2nya juga hampir sama dengan yang di sebutin tadi di atas. Harganya ya lumayan tapi tu bisa buat motor Honda Supra X 125 gak selip, maksudnya waktu kita pindah gigi gak ngedrop banget lah gak kaya pake standard tarikan juga tambah, di tanjakan bisa stabil. Jadi intinya tenaga mesin semuanya tersalur ke tramsmisi.

3. Mengganti CDI

CDI Meningkatkan Kecepatan Honda Supra X 125


Cdi pada motor manapun biasanya menggunakan limiter (pembatas RPM tertentu) agar motor tidak terlalu tinggi rpmnya. Cdi yang tanpa limiter ini biasanya adalah cdi racing, sekarang banyak pabrikan CDI yang buat balap memproduksi buat harian ato standard, misal BRT ato Rextor yang buat karisma bisa dipake plek di motor supra x 125 . Selain bisa menambah toop speed cdi racing bisa untuk naikin pengapian.

Oke sekian dulu tips dari motor cepat dalam Meningkatkan Kecepatan Honda Supra X 125 semoga membantu ya..jangan lupa komentarnya.

Tips Sederhana Ringankan Tarikan Motor


.
Tarikan motor bro/sis terasa agak berat ? kurang responsif ? lelet ? Kurang puas dengan performa motor standart ?
Nah di sini NP mau berbagi tips sederhana yang NP tahu tentang cara meringankan tarikan motor. Modifikasi ini gak terlalu repot dan gak terlalu bersifat ekstrim. Segera deh NP jabarkan …
1.)  Memasang 9power
.
Alat sederhana, kecil, tapi memiliki manfaat yang cukup lumayan. Diklaim oleh pabrikan 9power dapat menambah akselerasi motor. Memperlancar aliran listrik oleh koil, sehingga pembakarannya lebih sempurna. Katanya sih bikin sdikit lebih irit juga. Cara memasangnya cukup dipasang di  kabel busi. Untuk motor 4 tak lebih baik langsung memakai 2 buah 9power. NP udah memasang di motor NP, dan hasilnya lumayanlah …
2.) Busi iridium
.
Busi iridium diklaim oleh pabrikan memiliki sistem yang bisa membuat pembakaran pada motor lebih sempurna. Sehingga akselerasi/tarikan motor menjadi lebih baik. Lebih maksimal hasilnya jika diikuti setting motor yang pas dan part racing lain. NP udah coba dengan setting motor yang sdikit dimaksimalkan. Hasilnya lumayanlah …
3.) Setting Gear Ratio
.
Cara ini memiliki manfaat yang cukup signifikan. Makin besar rasio gear, maka akselerasi semakin bagu tapi top speed agak turun. Contoh : Gear belakang Vixion standart berukuran 42, setelah diganti dengan yang berukuran 44, maka tarikan pun makin ringan. Tapi resikonya top speed dan nafas motor menjadi agak turun.
Cara menghitung rasio gear dengan mudah dan simpel yaitu : Ukuran gear belakang dibagi ukuran gear depan. Makin besar rasio gear, tarikan makin ringan tapi nafas motor lebih pendek. Semakin kecil rasio gear, tarikan lebih berat tapi nafas motor lebih panjang.
4.) Porting Polish dan Papas head
.
Porting polish yaitu  modifikasi mesin yang dilakukan dengan cara men-setting ulang lubang masuk/keluar di head silinder. Hal ini dilakuakn agar bensin yang masuk ke ruang bakar menjadi lebih optimal.
Sedangkan papas head adalah langkah yang dilakukan untuk menaikkan kompresi motor. Hal ini dilakukan dengan cara membubut/memapas head silinder. Resikonya motor harus memakai bahan bakar berkualitas baik dan beroktan tinggi semacam Pertamax atau Pertamax Plus.
Cara-cara tersebut dapat sedikit meringankan tarikan motor tapi porting polish dan papas head harus dilakukan di bengkel yang benar-benar ahli  agar tidak terjadi  kesalahan atau bahkan kerusakan pada mesin.
Sekian yang bisa NP tulis. Semoga bermanfaat bagi para pembaca dan ambillah segi positifnya saja … :D .

Cara Mudah Meningkatkan Kecepatan Motor

     Seringkali muncul pertanyaan, gimana sih mas cara mudah bikin motor lebih kenceng…? Pertanyaan sederhana, tapi jawabnya bingung mau mulai darimana, kalok dijawab diiket tampar trus dicantolin ke kereta sih anak kecil juga tau jawabnya hehe,,, Jadi riset selama ini menunjukkan ada beberapa cara hemat, mudah, ringkas untuk dilakukan untuk memperbaiki kinerja mesin, bahkan meningkatkan tenagan.
Bisa dengan cara sebagai berikut :
1. Menambah kapasitas mesin – Kapasitas mesin lebih besar berarti lebih bertenaga, bukan berarti kapasitas kecil ga bisa kencang, orang yang bore up gila2an aja kadang masih kalah dengan yang kapasitasnya lebih kecil :) Tapi mengesampingkan hal itu semua, untuk motor harian, meningkatkan kapasitas mesin lebih besar dari bawaan pabrik akan memperbaiki prestasi motor, karena kamu bisa memperoleh lebih banyak debit gas yang terbakar dalam setiap putaran mesin, masuk akal bukan… :) Caranya hanya ada dua : Melesakkan piston dengan diameter lebih besar, atau memanjangkan langkah ayun piston dengan menggeser big end lebih maju atau mengganti dengan pen stroker aftermarket yang umum dijual di pasaran.
2. Meningkatkan Rasio – Rasio Kompresi yang lebih tinggi pasti memproduksi tenaga lebih, sedikit atau banyak. Semakin kamu padatkan campuran udara/bahan bakar , semakin cepat campuran ini menyembur menjadi api secara spontan, namun tentunya harus diimbangi dengan oktan bahan bakar yang pas untuk mencegah pembakaran dini. Ini jawaban kenapa mesin motor balap road-race, atau drag yang diliput di tabloid-majalah umumnya memakai bahan bakar ber oktan tinggi – karena mesin mereka memakai rasio kompresi lebih tinggi untuk mendapatkan tenaga. Lantas caranya bagaimana, ada banyak cara. Mulai dari memapas kop atau cylinder head, blok, meninggikan dome piston, atau mempersempit kubah ruang bakar hingga menyerupai bak mandi orang kaya (bathtub maksudnya) kalok yang belum tau bathtub… sama… hahahahah soalnya di rumah adanya emberrrr :D Atau bisa juga dengan menggabungkan berbagai metoda itu.
3. Mudahkan udara mengalir masuk – Ketika piston meluncur mundur atau turun pada langkah hisap, hambatan udara dapat merampok pundi-pundi tenaga dari mesin. Hambatan udara bisa dikurangi dengan modifikasi serius, karena kesalahan bisa berakibat fatal, melakukan modifikasi pada saluran pemasukan silinder atau seringkali disebut Porting, selain memperbesar volumenya, pun harus memperhatikan geometri porting agar lebih terarah dan aliran udara menjadi lembut. Teknik lain yang mampu mengurangi hambatan secara drastis adalah konfigurasi multi klep masuk atau menempatkan 2 klep masuk dalam sebuah silinder. Dan intake manifold yang halus layaknya manifold koso yang mahal tentu sangat bagus melancarkan aliran udara/bahan bakar yang ingin masuk ke porting. membuka filter udara adalah cara yang paling mudah.
4. Lepaskan gas buang denga bebas keluar – Jika hambatan udara membuat gas keluar dari silinder, ini akan mengambil tenaga mesin. Sama seperti kita jika susah BAB, hahahha… :D sama gak sih?! :) Cara memperlancar gas buang gimana? Apa pasang knalpot free flow? Itu satu cara, urutan pelepasan gas buang tentu dari klep exhaust. Dengan memperbesar atau head yang memakai dua klep buang secara cepat akan mampu melepas gas sisa pembakaran dari dalam silinder. Memperbaiki porting buang, seperti kata pepatah Graham Bell ” Kalok gak seukuran 100 % diameter klep – maka belum racing namanya” hehehe… Yang halus lebih baik. Kalau perlu mengkilat seperti kaca. Kalau perlu, lho… :)   Jika pipa knalpot terlalu keciiilll… seperti bawaan pabrik, atau muffler memiliki banyak sekat akan membuat efek tendangan balik semakin besar. Knalpot performa tinggi memakai rangakaian pipa header yang lebih besar, dan pipa belakang yang semakin membesar, dan muffler free flow yang akan mengusir kotoran jauh-jauh dari dalam silinder. Penyakit kok dipelihara dalam perut… :D Jika kamu mendengar knalpot free-flow, maka tujuan memakai knalpot itu adalah meningkatkan tenaga mesinnya.
5. Buat semuanya ringan – Part yang lebih ringan membantu mesin bekerja lebih baik. Setiap piston berubah arah, pasti memerlukan energy untuk berhenti dan memulai ke arah yang lain. Piston yang lebih ringan mengurangi pemakaian energy ini. Mengurangi beban gesekan, mengurangi beban rotasi, semua hal ini apa yang disebut meningkatkan efisiensi mekanis.
Injection – Sistem kontrol campuran bahan bakar secara elektronis melalui injector akan memberikan keakuratan tingkat tinggi pada setiap derajat langkah piston dan kepastian debit yang dibutuhkan sesuai beban mesin. Oleh karenanya teknologi ini meningkatkan performa dan pemakaian bahan-bakar yang lebih ekonomis.



pen stroker
Posted by pada Juni 6, 2012 in otomotif
 
aftermarket

Selasa, 09 Oktober 2012

Download IDM Terbaru 2012

Download IDM Terbaru 2012, IDM (Internet Download Manager) adalah sebuah software yang dapat meningkatkan kecepatan download di internet dan merupakan sebuah pilihan yang sangat tepat sebagai Download Accelerator dan Download Manager.
IDM sangat cocok bagi anda yang hobi mendownload di internet untuk mengunduh sebuah file yang sobat perlukan. Internet Download Manager ini diakui sebagai software yang bekerja lebih baik dibanding lainnya, karena fitur dinamis yang dimilikinya dalam membagi file yang sedang di download menjadi beberapa bagian terpisah untuk kemudian disatukan kembali setelah proses download selesai.
Kelebihan mendownload menggunakan IDM mampu meningkatkan performa kecepatan download sampai 5 kali lipat dan mendukung semua browser diantaranya Opera, Microsoft Internet Explorer, Netscape, MSN Explorer, AOL, Avant Browser, MyIE2, Mozilla, Mozilla Firefox, Mozilla Firebird dan browser populer lainnya.
Update idm terbaru gratis free download full version 2012, silahkan download dibawah ini.
download idm terbaru
Untuk serial number, patch, keygen, crack free download idm gratis terbaru 2012, silahkan download dan ikuti petunjuk yang telah disediakan disini >> [ Serial Number IDM ]
Cara Download: Klik link di atas, kemudian tunggu 5 detik dan klik SKIP AD > di pojok kanan atas.
Semoga artikel download idm terbaru 2012 + serial number idm ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari software yang dapat meningkatkan kecepatan download di internet.

Download IDM Terbaru 2012

Jumat, 05 Oktober 2012

Cara Membuat File .PDF dari Microsoft Office Word

Membuat file PDF dari Microsoft Office Word bisa dilakukan apabila kita telah menambahkan plugin PDF ke dalam MS. Word. Plugin yang digunakan untuk membuat file PDF di MS. Word adalah SaveAsPDF.exe

Berikut ini langkah-langkah atau cara membuat file PDF dengan MS Word :

- Download gratis plugin dari situs resmi Microsoft yang bernama SaveAsPDF.exe di sini
Cara Membuat File .PDF dari Microsoft Office Word 
- Jika anda sedang menjalankan program MS Word, silakan di Close dulu,

- Kemudian klik 2x file SaveAsPDF.exe sebagai langkah untuk meng-install plugin PDF ke dalam MS Word.

- Ketika keluar tampilan "Agreement", Anda klik (kasih tanda centang) di depan tulisan "Click here to accept the Microsoft Software License Terms", lalu tekan Continue untuk meneruskan instalasi plugin SaveAsPDF sampai selesai.

- Sekarang Anda jalankan program MS. Word, dan buka dokumen Word yang mau di convert menjadi PDF

- Setelah dokumen terbuka, Anda klik "Office Button" (tombol utama MS Word di sebelah kiri atas), lalu pilih menu "Save As", dan pilih PDF (sebagai menu hasil dari instalasi plugin SaveAsPDF). Lihat gambar berikut ini. 
- Setelah Anda klik menu PDF tadi, maka dokumen Word akan diproses / dikonversi menjadi file PDF, dan setelah proses selesai maka file PDF dari dokumen tadi akan terbuka secara otomatis.

- Semakin banyak jumlah halaman Word yang akan dikonversi menjadi PDF, maka prosesnya-pun akan semakin lama.

15 Arsitektur Spektakuler Hasil Kejeniusan Manusia

1. CERN's Large Hadron Collider:
Bangunan ini dibuat oleh para ilmuwan yang penasaran tentang bagaimana proses terjadinya alam semesta ini.bangunan sepanjang 17 mil ini disebut juga "mesin kiamat",karena salah sedikit saja dalam pengoperasiaanya,dapat membuat bumi ini hancur karena kekuatannya.


2. International Space Station (ISS) 
The international space station adalah fasilitas pengembangan yang merupakan proyek gabungan amerika(NASA),rusia (RKA),jepang(JAXA),canada(CSA) dan sebelas negara eropa lainnya.ketika selesai pada 2010,bangunan ini merupakan stasiun terbesar umat manusia yang berada di luar bumi.


3. Three Gorges Dam 
Merupakan bangunan pembangkit listrik tenaga air terbesar di dunia yang dibuat oleh china.tidak hanya bangunan nya,tapi tenaga yang dihasilkan juga besar, 22,5 GW dan itu cukup untuk menangani 4% kebutuhan listrik china.


4. Space Telescope Chandra 
Disebut juga Advanced X-ray Astrophysics Facility.chandra merupakan telescope x-ray yang mengorbit di luar angkasa dan bertugas mengirimkan foto-foto spectacular dari cosmos.telescope ini mengorbit di bumi dan merupakan benda dengan orbit terjauh .


5. Palm Deira of Dubai 
Palm deira di dubai merupakan pulau buatan manusia terbesar di dunia,dan bentuknya menyerupai pohon palm.pulau ini mempunyai area sebesar 46,35 juta meter dan akan selesai pada tahun 2013.


6. Viaduc de Millau Bridge
Jembatan ini lebih tinggi daripada menara eiffel,dan merupakan bukti kejeniusan arsitektur manusia.jembatan ini disebut juga "jembatan yg menembus awan" dan memotong sungai tarn river george,yang berada di selatan perancis.panjang bangunan ini 1,6 mil( 2,6 km) dan mempunyai tinggi 1132 feet(342 meter) pada puncak tertingginya.


7. Bird's Nest
Bird nest ato "stadion sarang burung" merupakan stadion yang dibangun khusus untuk perhelatan olimpiade di china.disamping besarnya,bangunan ini memiliki desain yang unik seperti sangkar burung,dan merupakan bangunan dengan strukstur besi terbesar di dunia.


8. Burj-Al-Arab Hotel 
Siapa sih yang ngga tau burj dubai? klo ada yang belum tau,maka selamat datang kembali di bumi.hotel ini memiliki tinggi 321 meter dan merupakan hotel tertinggi di dunia setelah rose tower,dan memiliki desain yang unik yang dibangun diatas laut.


9. Akashi Kaikyo Suspension Bridge 
The Akashi Kaikyo Suspension Bridge merupakan jembatan suspensi terpanjang di dunia.jembatan ini dibangun selama 10 tahun yang mengerahkan 10 juta pekerja,181.000 ton besi,dan 1,4 juta kubik concrete.jembatan ini menghubungkan pulau awaji dan pulau utama kobe sepanjang 4 mil.


10. Lake Mead 
Lake Mead adalah waduk terbesar di Amerika Serikat. Terletak di Sungai Colorado sekitar 30 mil (48 km) di tenggara Las Vegas, Nevada, di negara bagian Nevada dan Arizona. Dibentuk oleh air yang ditampung oleh Bendungan Hoover, danau ini memanjang 112 mil (180 km) di belakang bendungan, menampung sekitar 28.5 juta kaki ekar (35 km³) air


11. Hangzhou Bay Bridge
Inilah hasil dari kejeniusan dan skill manusia yang terus berkembang,hangzhou bay bridge merupakan jembatan terpanjang di dunia saat ini.memakan biaya $840 juta,jembatan sepanjang 34 km ini merupakan salah satu bukti kemajuan negara china.


12. Channel Tunnel 
The channel tunnel,ato lebih populer disebut "euro tunnel" merupakan terowongan kereta api bawah laut terpanjang di dunia.terowongan yang menghubungkan inggris(kent) dan perancis (Coquelles).membuat jembatan diatas air saja susah apalagi membuat terowongan dalam air.jika kamu berada di eropa,jgn lupa untuk mencobanya karena kamu tidak akan pernah dapat melupakannya.


13. Pan STARRS-1
Dibangun di manoa institute of astronomy di honolulu universitas hawai,merupakan kamera digital terbesar di dunia.


14.MareNostrum
MareNostrum adalah superkomputer yang terbesar di eropa,dan merupakan superkomputer yang terletak di dalam gereja.superkomputer ini mempunyai 2560 JS21 blade computing nodes,dimana masing2 memiliki 2 dual-core IBM 64-bit PowerPC 970MP processors running at 2.3 GHz for 10240 CPU.ironisnya selain terletak di gereja,superkomputer ini juga digunakan untuk penelitian genom manusia.


15. San Alfonso Del Mar 
Setelah berkeliling meliha hal2 yang menakjubkan di dunia,sekarang saatnya kita tuk bersantai di San Alfonso Del Mar di chile.selain tempatnya yang eksotis,juga mempunya kolam renang terbesar di dunia.panjang kolam renangnya 1 km dan mempunyai 250.000 meter kubik air.

BANGUNAN TENAGA AIR WADUK CIRATA

Unit Pembangkitan (UP) Cirata mengoperasikan Pusat Listrik Tenaga Air (PLTA) menggunakan energi air dari waduk (danau) Cirata yang bersumber dari aliran sungai Citarum di Jawa Barat, terletak di Desa Cadas Sari, Kecamatan Tegal Waru, Plered, Purwakarta, Jawa Barat, tepatnya sekitar 60 km sebelah Barat Laut kota Bandung atau 100 km dari kota Jakarta melalui Purwakarta. UP Cirata memiliki 8 unit pembangkit listrik dengan total daya terpasang 1.008 MW dengan produksi energi listrik rata–rata 1.428 GWh per-tahun.
UP Cirata merupakan PLTA terbesar di Asia Tenggara, dengan bangunan Power House 4 lantai di bawah tanah yang mengoperasikannya dikendalikan dari ruang kontrol Switchyard berjarak sekitar 2 km dari mesin–mesin pembangkit yang terletak di Power House.
1. Waduk Cirata

Genangan air di waduk

cirata ini berasal dari aliran dari waduk saguling

yang letaknya lebih tinggi. Sedangkan aliran air waduk c

irata nantinya akan menuju wad

uk jatiluhur. Jadi gambaran proses perjalanan si air ini kura


ng lebihnya seperti ini.


Jadi air dari saguling ini terus menerus dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik. Pertama-tama air memutar turbin PLTA

saguling, jadilah listrik. Lalu air buangan dari PLTA ini masuk waduk cirata dan kemudian memutar turbin PLTA Cirata, jadi listrik lagi. Air buangan dari

PLTA Cirata kemudian masuk waduk jatiluhur. Lagi-lagi mereka


memutar turbin PLTA

Jatiluhur dan menghasilkan energi yang sangat penting di kehidu

pan manusia modern ini.




Gambar 1. Proses Penyaluran Air




Gambar 2. Waduk Cirata

Waduk Cirata, selain berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) danau yang berketinggian sekitar 223 meter di atas permukaan laut

itu, dikelilingi bukit menjadikan keindahan alam yang sangat menarik. Danau Cirata akan dikembangkan menjadi tempat educationol tourism bagi para


pelajar dan mahasiswa dan sarana rekreasi, terutama rekre

asi air seperti halnya Obyek Wisata Jatiluhur

1. Sejarah Pembangunan Pusat Listrik Tenaga Air (PLTA) Cirata

Latar belakang pendirian PLTA ini adalah letak sungai Citarum yang su
bur, bergunung-gunung dan dianugerahi curah hujan yang tinggi. PLTA Cirata, sejak pertama dioperasikan pada tahun 1988 dikelola oleh PT. PLN (persero) Pembangkitan dan Penyaluran Jawa Bagian Barat (PT. P

LN KJB) Sektor Cirata. Pada tahun 1995 terjadi restruktirisasi di PT PLN (Persero) yang mengakibatk
an pembentukan 2 anak perusahaan pada tanggal 3 Oktober 1995, yait

u PT. PLN Pembangkit Tenaga Listrik Jawa-Bali (PT. PLN PJB 1) dan PT
. PLN Pembangkit
Tenaga Listrik Jawa-Bali (PT. PLN PJB 11), sehingga Sektor Cirata masuk wilayah kerja PT PLN Pembangkit Tenaga Listrik Jawa-Bali 11. Kemudian pada tahun 1997, Sektor
Cirata berubah nama menjadi PT PLN Pembangkit Tenaga Listrik J


awa – Bali 11 Unit Pembangkit CIRATA (UP CIRATA).

Pembangunan PLTA Cirata selain dibiaya langsung oleh Pemerintah Indonesia melalui dana APBN dan Non APBN serta dana PLN juga mendapat bantuan pinjaman dari luar neger
i, yaitu :
1. IBRD (International Bank for Recontruction and Development)

2. CDC (Commonth Wealth Development Cooperation)
3. SC (Suppliers Credits)
4. Pemerintahan Austria.
Total biaya pembangunan PLTA Cirata meliputi :
· Cirata 1 sebesar $ 565.000.000,00 US Dollars

· Cirata 2 sebesar terdiri :

- Rp. 132.272.182.061,00,-
- SFR 997.291,00,- (nilai kontrak dilaksanakan pada tahun 1993 dan 1994)
- NTD 207.933.845,00
- Yen 2.791.593.431
Gambar 3. Pusat Listrik Tenaga Air (PLTA) Cirata
1. Produksi dan sistem pengoperasian
Kegiatan usaha inti dari PLTA Cirata adalah pembangkit ten
aga listrik dengan total daya terpasang 1.008 Mega Watt (MW), terdiri atas Cirata 1 (4 Unit masing-masing operation daya terpasang 126 MW) yang mulai dioperasikan tahun 1988 dengan total daya terpasang 504 MW, dan Cirata 11 (4 Unit masing-m

asing 126 MW) yang mulai dioperasikan sejak tahun 1997 dengan daya terpasang 504 MW. Cirata 1 dan 11 mampu memproduksi energi listrik rata- rata 1.428 GWh per tahun yang
kemudian disalurkan melalui jaringan transmisi tegangan ekstra tinggi 500 KV ke system interkoneksi Jawa–Bali.
Tabel Kapasitas Daya Listrik dan Tanggal Mulai Beroperasi Masing-masing Unit Pembangkit

Jenis Pembangkit
Mulai Beroperasi
Kapasitas
PLTA Unit 1
25 Mei 1988
126 MW
PLTA Unit 2
29 Februari 1988
126 MW
PLTA Unit 3
30 September 1988
126 MW
PLTA Unit 4
10 Agustus 1988
126 MW
PLTA Unit 5
15 Agustus 1997
126 MW
PLTA Unit 6
15 Agustus 1997
126 MW
PLTA Unit 7
15 April 1998
126 MW
PLTA Unit 8
15 April 1998
126MW
Total
1008 MW
Untuk menghasilkan energi listrik sebesar 1.428 GWh, di oper
asikan 8 buah turbin dengan kapasitas masing–masing 120.000 KW dengan putaran 187,5
RPM. Adapun tinggi air jatuh efektif untuk memutar turbin 112,5 meter deng
an debit air meksimum 135 m3/detik. Turbin yang digunakan di waduk Cirata adalah Turbin Francis, spesifikasinya adalah :
Tipe : Francis, Vertical Shaft
Produksi : VOEST-ALPINE
Rate Net Head : 106,8 m
Rated Output : 129,6 MW
Kecepatan : 187,5 rpm
Debit pada kondisi diatas : 132,5 m3/s
Runaaway speed : 400 rpm
Spiral Case inlet diameter : 4300 mm
Draft Tube outlet diameter : 6400 rpm
Diameter Runner : Dth = 3400 m
Jumlah Runner Blade : z = 16
Jumlah Guide Vane : z = 24
Bukaan maksimum Guide Vane : 260 mm
Ketinggian Guide Vane : 980 mm
Jumlah Servomotor : 2
Tekanan normal operasi guide vane : 55 kg/cm2
Tekanan oli minimum guide vane : 38,5 kg/cm2
Langkah servomotor : 440 mm
Diameter piston servomotor : 400 mm
Mengoperasikan unit pembangkit Cirata dapat dilakukan dengan 3 mode system
mengoperasikan :
1. Mode operasi local manual, yaitu sistem pengoperasian yang dilakukan oleh operator secara manual dari panel unit kontrol Power house
2. Mode operasi local auto, yaitu sistem pengoperasian yaitu dilakukan oleh operator secara automatic dari panel unit kontrol di ruang Power House.
3. Mode operasi remote, yaitu sistem pengoperasian yang komputerisasi d
imana unit dioperasikan dari control desk di ruang kontol Switchy
ard yang berjarak sekitar 2 Km dari lokasi pembangkit listrik.
Dalam mengoperasikan seluruh unit pembangkit list
rik di Cirata, kami mengutamakan menggunakan mode operasi remote untuk mengoperasikan dan mengontrol semua sistem, karena lebih efisien dan efektif. Namun
demikian operator dilokasi rumah pembangkit selalu siap dengan mode operasi local auto maupun mode operasi local manual.

Gambar 4. Tampilan/Window dari Remote Operation Mode
PLTA Cirata mempunyai 4 bangunan utama yakni waduk atau bendungan sebagai tempat penampungan air, saluran air, powerhouse atau gedung unit pembangkit dan switchyard atau uni

t transmisi yang akan menyalurkan energi listrik ke konsumen-konsumen. PLTA ini memiliki terowongan sebagai akses jalan menuju powerhouse. Di PLTA Cirata ini, powerhouse terletak didalam perut bukit. Karena itulah dibuatlah terowongan ini sebagai akses jalan menuju powerhouse.


Gambar 5. Terowongan Akses menuju Power House

Power house bawah tanah berbentuk bulat telur dengan panjang 235 meter, lebar 35 meter, tinggi 49 meter, menjadikan power house PLTA cirata sebagai bangunan bawah tanah terbesar di indonesia. Suasana didalam powerhouse sangat lembab dan panas. S

uasana siang hari atau malam hari tiada berbeda didalam powerhouse, karena sinar matahari tidak pernah bisa mencapai ruangan tersebut. Dinding-dindingnya penuh dengan mur dan baut dengan ukuran yang sangat besar. Mur dan baut ini adalah penahan dinding dari tekanan air waduk yang pastinya sangat tinggi.

Gambar 6. Power House Bawah Tanah di PLTA Cirata
1. Manajemen Sumber daya Air
Air merupakan sumber energi utama yang digunakan untuk memutar turbin pembangkit tenaga listrik sebanyak 8 unit. Oleh karena itu dibangun Waduk Cirata seluas 62 Km2 dengan elevasi muka air banjir 223 m, elevasi muka air normal 220 m dan elevasi muka air rendah 205 m, sehingga volume air waduk 2.165 juta meter3 dan efektif waduk 796 juta m3. Air waduk ini dikelola dengan baik mencakup jumlah maupun mutunya agar tidak mengganggu atau merusak mesin–mesin.
2. Manfaat Pembangunan PLTA Cirata
Pembangunan PLTA ini ternyata menimbulkan dampak positif yang sangat bermanfaat bagi warga masyarakat maupun pemerintah, diantaranya adalah :
1. Menghasilkan listrik dengan daya terpasang 1008 MW dan energi pertahun 1.428.000.000 kilo watt jam pertahun, sehingga menambah daya dan keandalan pada system kelistrikan di Jawa-Bali khusus di Area 11.
2. Menghemat devisa (bahan bakar minyak) sebesar 428.000 ton pertahun.
3. Meningkatkan keandalan penyediaan air waduk Jati Luhur untuk air minum dan irigasi.
4. Memacu perkembangan industri/perekonomian.
5. Mengembangkan usaha perikanan dan pariwisata.
6. Menyediakan lapangan kerja baru.
3. Pemeliharaan Peralatan
Perawatan di PLTA Cirata dilakukan beberapa perawatan baik rutin, bulanan, maupun tahunan. Perawatan tersebut dibagi mmenjadi 2 jenis, yaitu Maintenance Preventif dan Maintenance Inspection.
Maintenance Preventif yaitu pemeliharaan secara rutin dengan visual pemeriksaan dan pengecekan tanpa pengukuran besaran. Pelaksanaan preventif dilakukan satu bulan sekali oleh petugas preventif meliputi pemeriksaan dan pengecekan keadaan fisik peralatan, pemeriksaan parameter, serta kebersihan peralatan dan area.
Maintenance Inspection yaitu pemeliharaan secara periodik tahunan dengan bongkar pasang peralatan untuk mengetahui tanda-tanda peralatan mulai akan rusak dalam hal ini ditekankan pada pengujian dan kalibrasi karakteristik relay proteksi. Pelaksanaaan inspeksi pemeliharaan dilakukan secara periodik yaitu setiap satu tahun sekali oleh tim Inspection (Senior Teknisi Relay Proteksi).
PLTA Cirata mempunyai 2 jenis alat proteksi (relay) sebagai pengaman jaringan listriknya, yaitu relay electromechanic induction disc dan DRS. Elemen relay electromechanic induction disc mempunyai piringan metalik (disk) yang terbuat dari tembaga atau alumunium yang dapat berputar diantara celah-celah elektromagnet. Relay ini tidak dapat digunakan untuk tegangan searah (DC) dan cara kerja relay ini dipengaruhi oleh frekuensi sehingga memakan waktu yang lama untuk men-reset (reset time). DRS merupakan relay berteknologi digital dengan perangkat keras berupa card module kode DRS-VE. Set dan perangkat lunak berupa program khusus untuk sistem produksi yang tersimpan pada EPROM card module. Relay ini dapat menggunakan tegangan DC dan waktu resetnya relatif cepat.

Sumber:
http://www.purwakartakab.go.id/beranda/liputan-khusus/143-plta-cirata.html
http://wikimapia.org/7585186/id/Area-Power-House-PLTA-Cirata-milik-PT-Pembangkitan-Jawa-Bali
http://wongkentir.blogdetik.com/2010/10/01/eksotisnya-terowongan-plta-cirata/









:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Total Tayangan Halaman